Tips Hindari Penipuan Jual Beli Rumah! Ini Dia Modusnya

Berniat untuk membeli rumah murah, namun justru kehilangan jutaan rupiah. Itulah beberapa modus yang dilancarkan para penjahat yang telah menipu para korbannya dengan modus sertifikat palsu di beberapa waktu yang lalu.

Para sindikat itu sudah ada yang tertangkap, namun Anda tetap diminta untuk waspada dengan modus seperti ini yang masih sering terjadi di berbagai daerah maupun di kota besar.

Modus penipuan pun terus berkembang, tak hanya menyasar para penjual rumah maupun tanah saja. Akan tetapi saat ini juga menyasar calon pembeli untuk dikelabui.

Apa saja modus-modus penipuan jual beli rumah dan tanah yang memanfaatkan sertifikat palus? Berikut penjelasannya secara lengkap.

1. Notaris

Para penipu tentu punya cara licik untuk mengelabui korbannya, setelah memperoleh target penipu berpura-pura tertarik dengan rumah atau tanah yang ditawarkan penjual dengan mentransfer uang sebagai tanda jadi atau uang muka untuk meyakinkan korban.

Setelah itu, penipu akan meminta korban memberikan sertifikat asli dan juga identitas lengkap ke notaris. Akan tetapi notaris yang ditunjuk penipu merupakan notaris palsu yang sudah berkomplotan dengan penipu. Penipu kemudian berjanji untuk segera melunasi sisa pembelian rumah atau tanah tersebut setelah menyelesaikannya dengan notaris.

Namun nahas, Penipu dan notaris yang berkomplotan kabur membawa sertifikat asli dan juga identitas korban. Penipu kemudian dengan cepat memindah tangankan status kepemilikan sertifikat menjadi pemilik yang sah. Dengan berbekal sertifikat asli yang sudah dibalik nama, penipu kemudian menggadaikannya dan membawa kabur uang hasil gadai.

Korban yang tak tau apa-apa sudah kehilangan sertifikat, masih menanggung hutang yang dibuat si penipu dengan modal sertifikat rumah miliknya.

2. Pinjam untuk Dijual

Seperti halnya modus notaris palsu, para penipu ini pura-pura untuk membeli rumah dan tanah yang ditawarkan korban, yang kemudian untuk menyerahkan sertifikat asli ke notaris.

Penipu menggandakan sertifikatnya, kemudian menjualnya kembali rumah tersebut ke pembeli lain dengan harga murah jauh dari harga pasar, tentu akan ada banyak pembeli yang tertarik membeli rumah tersebut.

Berbekal sertifikat asli yang dicuri dari pemiliknya, calon pembeli akan tertarik dan percaya yang kemudian akan membelinya, padahal pembeli tidak membeli langsung di pemilik rumah asli melainkan membeli dari si penipu.

Ketika uang tanda jadi sudah ditransfer oleh si pembeli ke si penipu, saat itulah mulai kabur. Dan korban pun bertambah yang semula penjual, kemudian si calon pembeli baru yang tidak mengetahui jika uang tanda jadi dibawa kabur penipu.

3. Lelang Rumah

Modus penipuan selanjutnya yaitu menggunakan sertifikat hasil pencurian dari tangan penjual kemudian mengadakan lelang rumah.

Seringkali pelaku akan melakukan aksi di luar area, sehingga calon pembeli akan kesulitan memverifikasi keaslian rumah tersebut.

Sebelumnya, para scammer telah mencuri data dan informasi bahwa korban memang sedang mencari rumah. Penipu kemudian menelepon korban dan menawarkan untuk mengikuti lelang rumah yang sangat murah.

Pelaku yang mengaku dari perusahaan resmi mengatakan bahwa rumah yang dilelang adalah rumah yang disita oleh bank. Untuk bisa mendapatkan rumah tersebut, korban hanya perlu mentransfer sejumlah uang di awal sebagai tanda penyelesaian.

Korban yang tanpa pikir panjangpun tentu saja tergiur dengan rumah murah. Selain itu, penipu dapat menunjukkan sertifikat yang tampak asli. Ditambah dengan bujukan scammers, mereka mengatakan bahwa jika mereka tidak segera mentransfer, mereka akan kehilangan kesempatan untuk mengikuti lelang. Pada akhirnya, korban mentransfer jutaan rupiah dan uang itu terbang.

Masih banyak lagi modus penipuan jual beli rumah dan tanah yang perlu Anda waspadai bisa sedang menjual maupun membeli rumah ataupun tanah. Karena para penipu biasanya memanfaatkan kelengahan dan juga kurangnya pengetahuan pada orang yang sedang menjual atau membeli rumah seperti hal ini.

Next Post

No more post

You May Also Like